KONKRET

Inggris: concrete. Dalam bahasa Latin: concretus, concrescere (menjadi rapat, merapat, mengental); cum, con (dengan, bersama dengar crescere (tumbuh, timbul, terbit.

1. Apa yang real (nyata), hidup, diketahui dengan pengalam langsung, termasuk eksistensi aktual, dan spesifik (khusus). Individual, praktis, partikular.

2. Kesan-kesan mental, yang menyajikan objeknya sebagaima ada dalam intuisi indra, disebut konkret. Dalam arti luas, konsep-konsep universal, yang tidak hanya mencak bentuk. yang menentukan (misalnya, hakikat manusia) melaink juga pembawa bentuk yang tidak tertentu (misalnya, sub atau pembawa hakikat manusia), dapat juga disebut konkret

3. Pemikiran konkret ialah apa yang menyajikan objek-objek bukan hanya dengan konsep-konsep, tetapi juga dengan intu intuisi dan persepsi-persepsi yang sepadan dengan konsepki sep itu. Baik pemikiran prailmiah maupun pemikiran yang penuhnya manusiawi, amat konkret. Karena itu, gaya dari seorang yang berharap untuk tidak hanya meyakinkan pikir pikiran dari para pendengarnya tetapi juga menggerakkan reka kepada aksi, harus melakukannya sekonkret mungkin.