ANTISIPASI

Inggris: disebut anticipation dan kata ini berdasarkan Latin ante (sebelum) dan capere (mengambil).

1.  Antisipasi ialah persepsi, pendapat yang terbentuk sebelumnya mengenai sesuatu. Gagasan antisipasi disuarakan oleh mazhab Epikurean. Antisipasi menunjukkan sebuah konsep unium yang muncul dalam kesadaran sebelum persepsi terhadap hal-hal individual kongkret yang langsung berdasarkan logos.

2. Dalam Kant antisipasi terhadap persepsi muncul sebagai suatu prinsip kognisi yang secara formal, aprioti mendefinisikan setiap pengalaman. Kant menegaskan bahwa semua sensasi (pencerapan) mempunyai besaran atau derajat intensif. Menurut Kant kita dapat mengetahui hal ini sebelum mengalami, walau kita tidak dapat tahu sebelumnya apa kualitas atau derajat itu.

3. Dalam fllsafat modern, istilah ini digunakan dalam arti previsi (melihat lebih dulu) pengalaman yang mungkin, perkiraan tentang hasil-hasil studi, dan dikembangkan dalam hubungan dengan studi tentang kategori-kategori semua “tujuan” dan “previsi ilmiah”.

4. Dalam psikologi, antisipasi berarti sikap menanti dari organisme akan suatu situasi tertentu dan ide tentang hasil-hasil tindakan sebelum tindakan dilaksanakan.

5. Dalam logika, antisipasi dimengerti sebagai penerimaan sementara sebuah premis yang dibuktikan dalam kaitan dengan substansi selanjutnya yang dibuktikan.