Gangguan neurotik

Jika penemuan mikroskop meluaskan skup biologik. maka berbagai teknik hipnosis medis dan asosiasi bebas membuka jalur baru dalam menggali fungsi mental dan menyebabkan alam tidak sadar menjadi bahan penelitian ilmiah. Hasil dari berbagai kemajuan metodologis ini adalah identifikasi proses psikologis. Proses ini ditandai dengan adanya konflik dalam diri individu, yang dipersepsi sebagai suatu ancaman atau bahaya potensial, yang mengundang pola-pola respons yang disebut mekanisme pertahanan (defense mechanism). Tiga hal ini terjadi di luar alam sadar individu. Jika kejadian-kejadian ini menyebabkan formasi berbagai gejala atau kompleks gejala yang menyedihkan dan disadari sebagai sesuatu yang tidak bisa diterima atau dialami sebagai sesuatu yang tidak sehat atau asing akibatnya adalah gangguan neurotik.

Tidak setiap orang menerima validitas ilmiah dari bukti yang diperoleh melalui upaya penerapan metode psikoanalisis. Sebagian ahli mempertanyakan paradigma aetiologis yang digambarkan di atas dan sebagian ahli yang lain menawarkan beberapa model yang seringkah didasarkan pada teori pembelajaran untuk menjelaskan neurosis. Kendati begitu, sekelompok ilmuwan memperdebatkan nilai penting mekanisme psikologi terhadap asal-mula terjadinya berbagai gangguan ini. Lebih jauh, bukti dari teks klinik dan epidemiologi mengindikasikan bahwa gangguan neurotik dapat ditemukan di berbagai macam budaya. Temuan ini mendukung pandangan bahwa fenomena tersebut merupakan suatu kelompok gangguan mental yang mempunyai ciri tersendiri.

Gangguan neurotik biasanya diidentifikasi dalam kerangka model simtomatik atau ekspresi perilakunya (sebagai contoh, gangguan kegelisahan, hypochondriasis, atau dissociative state). Meskipun sebagian perilaku ini pada satu waktu tampak ganjil sebagaimana dalam kasus gangguan obsesif, kompulsif atau phobia tapi tidak nyata-nyata melanggar norma sosial. Keadaan ini yang tanpa disertai kerusakan uji realitas menjadi suatu dasar untuk membedakan gangguan mental fungsional neurotik dari psikotik.